Rabu, 21 Desember 2016

Pemrograman Berbasis Blok

Pengertian


Pemrograman berbasis blok adalah bahasa pemrograman yang menggunakan kata-kata, dan memerintah untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Ide pembuatan “block based programming” ini adalah untuk mengembangkan antarmuka yang memperbolehkan program komputer dibangun dengan men-drag dan menempatkan blok seperti puzzle untuk menampilkan struktur program dan command yang susah. ide-ide yang ditulis dalam bahasa pemrograman disebut kode.

Blok atau blok kode adalah bagian dari kode yang dikelompokkan. Blok biasanya terdiri dari satu atau lebih deklarasi dan pernyataan. Sedangkan Bahasa pemrogramman blok terstruktur adalah sebuah bahasa pemrograman yang memungkinkan penciptaan blok, termasuk blok bersarang di dalam blok lainnya. Blok fundamental untuk pemrograman terstruktur, di mana struktur kontrol terbentuk dari blok.


Pro dan Kontra 


Pro

       1.       Rendahnya hambatan saat memasukan program. Kamu hanya perlu men-Drag Block nya dan jalankan programnya. Mahasiswa tidak terlalu frustrasi dengan kesalahan sintaks yang selalu datang di pemrograman berbasis teks
   
      2.       Mengajarkan konsep Pemrograman. Termasuk operator, events, struktur kendali dan lain lain.

      3.       Mendorong eksperimen. Programer yang baik tidak akan memikirkan eksperimen dengan kode. Pemrograman blok sangat mudah dan membuat pengguna mencoba block dan langsung terjadi.

      4.       Mendorong kreatifitas. Hanya mencoba coba blok kode di scratch dan lihat hasilnya
 

      Kontra

      1.    Pembenaran bug tradisional yang terbatas.
      2.    Dukungan lebih luas dari berbagai struktur data
      3.  Berpotensial kebiasaan buruk. Programmer yang mencoba block saat pertama kali membuat program,  tidak akan pernah memikirkan tentang sintaks error.

     Contoh Aplikasi Pemrograman Berbasis Block


           Banyak aplikasi yang menggunakan pemrograman berbasis blok antara lain : Scratch, Alice, LogoBlocks dan masih banyak lagi. Tapi pada postingan ini saya akan membahas Scratch karena ini lah yang menurut saya paling mudah pengunaannya
   
              Image result for logo scratch 
     
       Alasan saya memilih aplikasi ini adalah bahasa yang digunakan lebih bersahabat dengan bahasa yang kita gunakan. Bahkan bisa menggunakan bahasa indonesia. Cara menggunakannya memang agak menyulitkan saat diawal karena sangat berbeda dengan Pemrograman berbasis teks. Tapi dengan latihan rutin kita akan dapat mempergunakannya dengan mudah. Aplikasi ini hanya menyuruh kita men-Drag blok-blok yang sudah disediakan dan program akan berjalan dengan yang kita perintahkan. Cukup mudah bukan? Berikut adalah screenshot dari aplikasi Scratch :
    
     



      Jika ingin mencobanya link downloadnya ada disini


      Terima kasih sudah membaca artikel saya. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

      Sumber : 
      
      





Tidak ada komentar:

Posting Komentar