Jumat, 31 Maret 2017

Analisis Sistem Informasi pada E-klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan.



    Perkembangan sistem di Indonesia semakin meningkat. Termasuk klaim jaminan hari tua (JHT) di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara online. Pada tulisan ini saya akan menganalisis bagaimana jalannya proses klaim online JHT serta kelebihan dan kekurangannya.


    Proses awalnya individu yang ingin mengklaim JHT harus memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan seperti KTP, KK, Kartu BPJS, dan Surat dari Dinasker bahwa individu tersebut. . Kemudian ke alamat https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs . Setelah itu individu tersbut harus mengaktifkan layanan E-Service BPJS Ketenagakerjaan dan menunggu kode aktivasi yang dikirimkan.
   Setelah aktif pilih fitur e-klaim. Dan individu tersebut hanya tinggal mengisi form yang disediakan. Setelah selesai semua akan ada email balasan apakah klaim diterima atau ditolak.

Kelebihan:
-         - Efektif dan efisien.
-         -Tidak perlu antri mengisi dokumen di kantor BPJS.
-         -Dapat dilakukan kapan saja.
-         -Hanya perlu verifikasi di Kantor BPJS.

Kekurangan:
-         - Rentan peretasan data apabila server down.
-         -Klaim gagal karena ketidakcocokan data dan harus perbaiki secara manual.

Saran:
Saat melakukan pendaftaran individu diberi arahan seperti penggunaan huruf besar dan huruf kecil saat pendaftaran awal sehingga data cocok dan valid saat dilakukan klaim online. Serta kekuatan server agar peretas tidak dapat merusak sistem.

capture:








































 

Sumber: 

1 komentar: