ANALISIS
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEUANGAN DAERAH(SIMDA KEUANGAN) DALAM PENGOLAHAN
DATA KEUANGAN PADA ORGANISASI PEMERINTAH DAERAH
Aplikasi
SIMDA (Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah) merupakan salah satu sistem informasi
manajemen yang ditujukan untuk membantu praktik pengelolaan keuangan daerah
yang cepat, tepat dan akurat. SIMDA dikembangkan oleh BPKP (Badan Pengawas
Keuangan dan Pembangunan). Hasil dari sistem ini merupakan sebuah laporan
keuangan yang lebih terstruktur dari menggunakan sistem manual.
METODE
PENELITIAN
Untuk
data primer Jurnal tersebut menggunkan metode wawancara langsung dan metode
observasi. Untuk wawancara dilakukan kepada Kepala Dinas, Kepala bagian di
masing-masing bidang , Bagian pengembangan aplikasi, dan admin operator SIMDA.
Unutk Obesrvasi dilakukan pengamatan langsung saat proses memasukan data pada
aplikasi keuangan SIMDA
Untuk
data sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data dan dokumentasi, atau
melihat dari sumber referensi lain yang merujuk sesuai objek yang diteliti.
Fakta
yang terkumpul, disusun, dijelaskan dan dianalisa dengan menggunakan pendekatan
deskriptif. Berikut hasil analisa dengan metode pendekatan deskriptif:
- Analisis pengolahan data keuangan oleh aplikasi SIMDA Keuangan.
- Analisis pengendalian internal aplikasi SIMDA Keuangan dalam pengolahan data keuangan.
- Analisis karakteristik kualitas laporan keuangan hasil keluaran (output) SIMDA Keuangan.
Kualitas
informasi diukur dengan kriteria; Kesesuaian (relevancy), Ketelitian (accuracy),
dan Ketepatan Waktu (timeliness). Perhitungan kualitas dilakukan menggunakan Skala
Likert, yang terdiri dari 4 jawaban, yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak
Setuju (TS), dan Sangat Tidak Setuju (STS).
KELEBIHAN
Kelebihan
dari aplikasi SIMDA pembnuatan laporan keuangan menjadi lebih mudah karena
sudah tersutruktur. Sehingga meminimalisir kesalahan dalam membuat laporan
keuangan. Semua data juga tersimpan pada database yang lebih aman dibandingkan
penyimpanan data fisik. Untuk keamanan aplikasi SIMDA sudah memiliki
admin-admin khusus yang memiliki password untuk login sehingga tidak sembarang
orang dapat mengakses.
KEKURANGAN
Untuk
kekurangan dari aplikasi ini adalah sulitnya untuk revisi jika ada kesalahan
dalam pembuatan laporan yang sudah tercetak, terbatasnya admin yang dapat
menggunakan aplikasi karena belum tentu semua orang dapat langsung berpindah
dari pembuatan laporan secara manual ke pembuatan secara otomatis.
KESIMPULAN
Aplikasi
SIMDA merupakan aplikasi sistem informasi manajemen yang secara terintegratif mengelola
keuangan pemerintah daerah mulai dari proses penganggaran, penatausahaan,
sampai dengan pembukuan / akuntansi. Dilihat dari kelebihannya aplikasi SIMDA
sangat membantu pekerjaan dalam pembuatan laporan keuangan sehingga lebih cepat
, tepat, dan akurat. Namun disamping itu aplikasi SIMDA juga memerlukan admin
khusus dikarenakan tidak semua orang dapat menggunakannya.
SARAN
Untuk
saran aplikasi ini masih menggunakan desktop, mungkin dapat dikembangkan pada
platform lain seperti website ataupun mobile sehingga dapat mempermudah
menggunakan aplikasi dari manasaja. Sering dilakukan maintenance supaya
kualitas dari penggunaan aplikasi tidak berkurang serta sering melakukan update
password untuk menjamin keamanan sistem.
Sumber : http://fe.um.ac.id/wp-content/uploads/2014/02/Harmadhani-Yuli-UM.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar