Minggu, 01 Oktober 2017

Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer Dalam Film Ex Machina

              Pada tulisan kali ini saya akan memberikan review tentang Film dan Ex Machina dan Hubungan dengan mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer.

Review Film Ex Machina


Film Ex Machina ini merupakan film Sci-fi yang bertemakan Artificial Intelligence . Film ini menceritakan Calleb, seorang programer sebuah perusahaan yang bernama “Blue Book” (Perusahaan Mesin Pencari) yang memenangkan sebuah undian berkunjung kerumah CEO dari Perusahaan BlueBook (Nathan) selama satu minggu.

Rumah Nathan berada ditengah alam yang jauh dari hiruk pikuk manusia. Nathan tinggal bersama Kyoko asisten rumah tangga nya. Rumah itu memiliki teknologi tinggi seperti harus memiliki kartu id untuk membuka pintu. Calleb memiliki kartu id sendiri seperti halnya Nathan. Tetapi hak akses Calleb tidak seluas Nathan.

Ternyata tujuan Nathan mengadakan undian tersebut adalah untuk menjadikan Calleb sebagai percobaan Test Turing . Yaitu tes berinteraksi dengan komputer/mesin dalam hal ini robot dengan kecerdasan buatan . Apabila pada tes tersebut manusia tidak merasa berinteraksi dengan komputer/mesin melainkan mahkluk hidup berarti mesin dengan kecerdasan buatan tersebut berhasil. Robot buatan tersebut bernama Ava.

Dalam melaksanakan tes nya Calleb berhasil merasakan bahwa Ava memiliki sifat-sifat seperti manusia biasa, seperti berbicara, menjawab dan melontarkan pertanyaan, serta memiliki hasrat seksual. Disini bukan Ava satu-satunya robot buatan Nathan . Ada lagi robot sebelumnya yaitu Kyoko sama dengan Ava hanya saja Kyoko tidak dapat berbicara. Jadi disimpulkan bahwa Ava adalah update dari Kyoko. Bahkan banyak sebelum Kyoko yang merupakan robot yang gagal di ciptakan Nathan.

Ava memberitahu Calleb bahwa Nathan adalah seorang pembohong dan meminta bantuan Calleb untuk melepaskan nya dari rumah ini. Calleb pun menyadarinya saat Nathan mabuk dan melihat semua robot buatan Nathan  yang menunjukan bahwa ada yang tidak beres. Akhirnya Calleb pun membantu Ava untuk keluar. Tapi hal tersebut diketahui oleh Nathan.

Nathan berusaha mengembalikan Ava ke ruangannya tetapi ternyata dia malah terbunuh oleh robot buatannya sendiri yaitu Kyoko dan Ava. Kyoko pun rusak dan Ava berhasil keluar meninggalkan Calleb yang terkunci di rumah tersebut . Ava pun pergi kedunia luar bergabung dengan manusia tanpa ada yang menyadari siapa Ava sebenarnya.

Hubungan Ex Machina Dengan Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)


Interaksi Manusia dan Komputer adalah studi tentang interaksi antara manusia , komputer/mesin dan tugas. Yaitu bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer/mesin untuk melaksanakan tugas.

Dalam film ini ada hal yang menunjukan hubungan dengan mata kuliah IMK seperti kartu ID Calleb dan Nathan yang dapat membuka akses pintu yang memiliki antarmuka pengguna yang makjubkan , lampu yang diatur dengan suara, serta saat Nathan dan Calleb berkomunikasi dengan Ava dan Kyoko seperti layaknya berinteraksi dengan manusia. Dimana hal tersbut merupaka perwujudan dari Interaksi Manusia dan Komputer dalam melaksanakan tugas.

Menurut pendapat saya dari semua teknologi hebat yang ada dalam film Ex Machina semuanya menakjubkan tapi juga mengerikan. Bayangkan apabila ada robot semacam Ava yang hidup disekitar kita. Pesan moral yang saya dapat dari film tersebut adalah kuasai teknologi tapi jangan sampai teknologi menguasaimu. Kita boleh mengembangkan teknologi seperti sistem cerdas tapi jangan menjadikan teknologi tersebut senjata yang membahayakan. Sesungguhnya manusia merupakan makhluk sempurna yang paling cerdas. Jadi jangan biarkan teknologi mengalahkan mu.


Muhammad Luthfi Tamami
14115696 
3KA04
Interaksi Manusia dan Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar