Kamis, 02 November 2017

Tugas 2 Sistem Pakar

Pengertian Sistem Pakar


Sistem Pakar adalah program kecerdasan buatan yang menggabungkan basis pengetahuan dengan inferensi. Ini merupakan spesialisasi perangkat lunak tingkat tinggi yang berusaha menduplikasikan fungsi seorang pakar dalam satu bidang keahlian.

Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengapdosi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para ahli.


Menurut Aziz (1994). komponen-komponen sistem pakar terdiri dari :
1.Basis Pengetahuan
2.Basis data
3.Mesin Inferensi
4.Antarmuka pemakai (user interface).

Implementasi kecerdasan sang pakar berbasis kode program komputer (code base skill implemetation), menggunakan teknik-teknik tertentu dengan bantuan database ataupun tidak

Tujuan Dari Sistem Pakar


                Sistem pakar (expert system) sendiri merupakan paket perangkat lunak atau paket program komputer yang ditujukan sebagai penyedia nasihat dan sarana bantu dalam memecahkan masalah di bidang-bidang spesialisasi tertentu seperti sains, perekayasaan, matematika, kedokteran, pendidikan dan sebagainya. Sistem pakar merupakan merupakan subset dari Artificial Intelegence (Arhami, 2005).              

Manfaat Sistem Pakar


Beberapa manfaat Sistem Pakar adalah sebagai berikut (Turban, dkk., 2005):
  1. Meningkatkan output dan produktivitas.
  2. Meningkatkan waktu dan pengambilan keputusan
  3. Meningkatkan kualitas proses dan produk.
  4. Mengurangi downtime.
  5. Menyerap keahlian langka.
  6. Fleksibilitas.
  7. Operasi peralatan yang lebih mudah.
  8. Eliminasi kebutuhan peralatan yang mahal.
  9. Operasi dilingkungan yang berbahaya.
  10. Aksesibilitas ke pengetahuan dan help desk.
  11. Kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap/tidak pasti.
  12. Kelengkapan pelatihan.
  13. Peningkatan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan meningkatkan proses pengambilan keputusan
  14. Meningkatkan kualitas keputusan.
  15. Kemampuan untuk memecahkan persoalan kompleks.
  16. Transfer pengetahuan ke lokasi terpencil.
  17. Peningkatan sistem informasi yang lain.

Penerapan Sistem Pakar Dalam Berbagai Bidang


Penerapan Sistem Pakar dalam Bidang Pendidikan / Ilmu Pengetahuan


Penelitian tentang penggunaan Sistem Pakar dalam bidang pendidikan dilakukan oleh Prof. Gordon S. Novack Jr. pada University of Texas, Austin, tahun 1990. Aplikasi Sistem Pakar ini diberi nama ISAAC yang memiliki parser yang mampu membaca kalimat (dalam bahasa inggris) dengan kecepatan 5000 kata/menit dan mampu menyelesaikan soal-soal Fisika Mekanik (Statika) dalam waktu kurang dari 5 menit. Aplikasi ini dikerjakan oleh  1 tim terdiri dari 60 orang dan membutuhkan waktu 1 tahun. (E.S. Handbook, 1992).


Penerapan Sistem Pakar dalam Bisnis


Sistem Pakar dalam pembelian. Sistem ini berfungsi untuk menilai dan memilih pemasok (supplier) dengan pertolongan dan pengiriman barang secara optimal, dimanadalam hai ini menunjang pemasok yang potensial. Dalam hal operasional, maka sistem ini mempunyai fungsi penasihat kepada pembeli. Sistem ini meringankan beban pembeli dalam pekerjaannya sehari-hari,  terutama dalam pengambilan keputusan untuk memilih pemasok.

Contoh lain dalam Sistem Pakar :
MYCIN                  : Sistem Pakar bidang kedokteran yang mendiagnosa infeksi bakteri dan memberi
          rekomendasi pengobatan. Dibuat oleh Stanford University.
DENDRAL           : Dalam bidang kimia dengan penggunaan struktur molekul dibuat oleh Stanford
          University.
XCON                   : sistem ini membantu konfigurasi sistem komputer besar.
XSEL                     : sistem ini membantu karyawan bagian penjualan dalam memilih komponen                                   sistem VAX (sistem komputer VAX i 1/730).
PROSPECTOR     : sistem ini membantu ahli geologi mencari dan menemukan deposit.

Kesimpulan


                Menurut pendapat saya sistem pakar adalah sebuah sistem yang bekerja seolah olah pakar suatu bidang untuk membantu penggunanya dalam menyelesaikan sebuah masalah. Manfaatnya sangat banyak sehingga mempermudah penggunanya untuk menyelesaikan sebuah masalah meskipun penggunanya bukan lah ahli dalam bidang tersebut.

                Walaupun sistem pakar ini sangat membantu tetapi bukan berarti dengan menggunakan sistem ini kita pasti menjadi ahli suatu bidang. Kita harus mempelajari bidang tersebut untuk menjadi ahli.

Nama : Muhammad Luthfi T.
NPM : 14115696
Kelas : 3KA04


Referensi
Riadi Muchlisin.2016. Pengertian, Tujuan dan Struktur Sistem Pakar. Diambil dari :  http://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-tujuan-dan-struktur-sistem-pakar.html , diakses tanggal 1 November 2017.

Arief.2013. Manfaat, Keterbatasan, dan Faktor Sukses Sistem Berbasis Pengetahuan. Diambil dari : http://informatika.web.id/manfaat-keterbatasan-dan-faktor-sukses-sistem-berbasis-pengetahuan.htm#more-1751 , diakses tanggal 1 November 2017.

http://eprints.umk.ac.id/197/3/BAB_II.pdf , diakses tanggal 1 November 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar