Selamat datang kembali di blok
saya, pada tulisan kali ini saya ingin membagikan tips mengerjakan tes TOEFL
struktur yang sudah saya kuti dari internet.
Tips umum sebelum mengikuti tes
toefl
1.
Sangat penting anda memiliki
pengetahuan tentang bahasa inggris sebelum
memulai persiapan toefl. Semakin tinggi tingkat penguasaan bahasa inggris anda,
harapannya semakin besar pula mendapatkan level yang tinggi.
2.
Gunakan waktu yang cukup untuk persiapan tes toefl anda.
Mulailah segera setelah anda memutuskan untuk mengikuti tes.
3.
Mengembangkan program studi dan
mengikuti program yang sudah dibuat. Studi secara teratur (setiap hari). Jangan
mencoba untuk mempelajari segala sesuatu tepat sebelum ujian. Hal ini tidak efektif.
4.
Cobalah untuk menyelami bahasa
inggris lebih dalam. Misalnya, menonton tv berbahasa inggris, film,
mendengarkan radio bahasa inggris, membaca berbagai teks bahasa inggris.
Manfaatnya untuk meningkatkan pemahaman membaca dan mendengarkan. Berbicara dan
menulis dalam bahasa inggris sebanyak yang anda bisa. Tidak ada salahnya juga
jika anda harus berbicara kepada diri sendiri di depan cermin. Ini adalah cara
yang baik untuk meningkatkan kefasihan anda.
5.
Meningkatkan pembendaharaan kosakata (vocabulary). Anda akan
membutuhkannya pada setiap tahap tes toefl. Sistematis menambahkan kata-kata
baru ke wordlist anda. Cobalah untuk mengingatnya, dan yang lebih penting,
gunakan mereka ketika berbicara atau menulis.
6.
Mengidentifikasi sisi lemah anda dan
bekerja lebih keras untuk memperbaikinya. Sebagai contoh, jika anda merasa
keterampilan terlemah anda menulis, mulailah menulis lebih dari yang anda
lakukan sebelumnya. Cobalah untuk menulis
dalam bahasa inggris.
7.
Buatlah manajemen waktu belajar anda. Coba kurangi waktu untuk
tugas-tugas tertentu agar lebih fokus dalam materi toefl.
8.
Belajarlah untuk mendengarkan dan
membaca petunjuk yang diberikan pada masing-masing komponen toefl dengan
hati-hati.
9.
Gunakan catatan dalam setiap perkembangan belajar anda.
10.
Tes toefl® bisa dikatakan sukar. Di
sana terdapat banyak soal yang mengecoh. Selain itu, waktu yang tersedia sangat
pendek. Dalam waktu 130 menit harus mengerjakan 140 soal dan mengerjakan esai
300 kata dalam waktu 30 menit. Untuk ujian listening, peserta ujian harus
mengerahkan konsentrasi karena percakapannya sangat cepat, sering tidak jelas,
dan hanya diputar satu kali. Pemahaman anda tentang tata bahasa inggris akan
sangat berperan. Hati-hati dengan tipe soal penjebak. Penulis tes toefl®
seringkali menggunakan pengecoh (distractor) yang membuat jawaban salah menjadi
kelihatan benar. Karena itu, anda harus berusaha memahami soal beserta pilihan
jawabannya dengan cermat. Jangan sampai anda terjebak oleh pengecoh dalam soal.
11.
Praktik, praktik, praktik. Semakin banyak
anda berlatih, semakin baik.
Tips mengerjakan TOEFL Soal Struktur :
1.
Pastikan Kesesuaian Kalimat yang
Memiliki Subject dan Verb
kalimat dalam bahasa Inggris harus memiliki subjek
(subject) dan kata kerja (verb). Jenis yang paling umum
dalam pertanyaan STRUCTURE TOEFL Test ialah mengenai subject dan verb: mungkin
kata yang dikosongkan, baik subject atau verb atau keduanya, atau mungkin kata
yang memiliki subject tambahan atau verb tambahan. Cara menjawab soal TOEFL
structure jenis ini, perhatikan beberapa contoh berikut.
Contoh 1:
_________ was backed up for miles on the freeway.
(A) Yesterday
(B) In the morning
(C) Traffic
(D) Cars
_________ was backed up for miles on the freeway.
(A) Yesterday
(B) In the morning
(C) Traffic
(D) Cars
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas Anda melihat langsung bahwa ada sebuah kata kerja (verb), tapi tidak ada subjek. Jawaban (C) adalah jawaban yang tepat karena mengandung subjek tunggal "traffic" dan sesuai dengan kata kerja tunggal "was". Jawaban (A), "yesterday", dan jawaban (B), "in the morning", bukanlah subjek, karenanya keduanya tidak benar. Meskipun jawaban (D), "cars", bisa jadi subjek, itu pun tidak benar. Karena "cars" berbentuk jamak, sehingga tidak sesuai dengan kata kerja tunggal "was".
Dalam contoh di atas Anda melihat langsung bahwa ada sebuah kata kerja (verb), tapi tidak ada subjek. Jawaban (C) adalah jawaban yang tepat karena mengandung subjek tunggal "traffic" dan sesuai dengan kata kerja tunggal "was". Jawaban (A), "yesterday", dan jawaban (B), "in the morning", bukanlah subjek, karenanya keduanya tidak benar. Meskipun jawaban (D), "cars", bisa jadi subjek, itu pun tidak benar. Karena "cars" berbentuk jamak, sehingga tidak sesuai dengan kata kerja tunggal "was".
Contoh 2:
Engineers________ for work on the new space program.
(A) necessary
(B) are needed
(C) hopefully
(D) next month
Engineers________ for work on the new space program.
(A) necessary
(B) are needed
(C) hopefully
(D) next month
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, bahwa kalimat di atas, Engineers sebagai subject, namun tidak ditemukan kata kerja (verb). Karenanya, jawaban (B) merupakan jawaban paling tepat. Karena "are needed" adalah kata kerja. Sedangkan, jawaban (A), (C), dan (D) bukanlah verb, sehingga bukanlah jawaban yang benar.
Dalam contoh ini, bahwa kalimat di atas, Engineers sebagai subject, namun tidak ditemukan kata kerja (verb). Karenanya, jawaban (B) merupakan jawaban paling tepat. Karena "are needed" adalah kata kerja. Sedangkan, jawaban (A), (C), dan (D) bukanlah verb, sehingga bukanlah jawaban yang benar.
Contoh 3:
Fitzgerald_______ the society of the 1920's in his novel, The Great Gatsby.
(A) reflect
(B) reflects
(C) are reflecting
(D) have reflected
Fitzgerald_______ the society of the 1920's in his novel, The Great Gatsby.
(A) reflect
(B) reflects
(C) are reflecting
(D) have reflected
Pembahasan Soal dan Jawaban
Fitzgerald merupakan subjek orang ketiga tunggal. Maka, kata kerja yang mengikutinya juga harus dalam bentuk tunggal. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (B).
Fitzgerald merupakan subjek orang ketiga tunggal. Maka, kata kerja yang mengikutinya juga harus dalam bentuk tunggal. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (B).
RUMUS JAWABAN CARA 1
Perhatikan bagan berikut ini tentang penggunaan subject dan verb yang
sesuai dalam sebuah kalimat:
2.
Perhatikan Betul Objek (Object)
dari Kata Depan (Preposition)
Preposisi selalu diikuti kata benda (noun), bukan kata kerja (verb). Kata benda tersebut
berlaku sebagai objek. Kata benda ini dapat berupa noun (kata benda), proper noun (nama), pronoun (kata ganti), noun group/noun
phrase (kelompok kata kerja), dan gerund (kata
kerja yang dibendakan). Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini,
perhatikan penjelasan berikut.
Preposisi yang diikuti kata benda
tersebut, seperti as, in, at, of, to, by, behind, on, dan sebagainya, untuk
membentuk frase preposisional. Daftar preposisi lainnya yang biasa digunakan
dapat Anda lihat dalam apendiks
Perhatikan kalimat berikut.
Perhatikan kalimat berikut.
(After his exams) Tom
will take a trip (by boat).
Kalimat di atas mengandung dua objek
preposisi. Exams (ujian) adalah objek dari preposisi after. Sedangkan boot
(perahu) adalah objek preposisi by.
Sebuah objek dari preposisi juga dapat
menimbulkan kebingungan dalam pertanyaan tes TOEFL STRUCTURE. Sebab, bisa saja
Anda mengira objek tersebut sebagai subjek dalam sebuah kalimat.
Perhatikan contoh
berikut.
With his friend________ found the movie theater
(A) has
(B) he
(C) later
(D) when
With his friend________ found the movie theater
(A) has
(B) he
(C) later
(D) when
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, yang pertama kali harus Anda lihat adalah subject dan kata kerja (verb). Tampak bahwa found sebagai kata kerja, tapi tidak ditemukan adanya subjek. Jangan berpikir bahwa friend adalah subjek, namun friend adalah objek dari preposisi with. Sebab, satu kata benda tidak bisa menjadi subjek dan obyek sekaligus secara bersamaan. Karena yang dibutuhkan dalam pertanyaan di atas adalah mencari subjek, maka jawaban (B), he, adalah jawaban terbaik. Sedangkan (A), (C), dan (D) bukan jawaban yang benar, karena ketiganya tidak bisa menjadi subjek.
Dalam contoh ini, yang pertama kali harus Anda lihat adalah subject dan kata kerja (verb). Tampak bahwa found sebagai kata kerja, tapi tidak ditemukan adanya subjek. Jangan berpikir bahwa friend adalah subjek, namun friend adalah objek dari preposisi with. Sebab, satu kata benda tidak bisa menjadi subjek dan obyek sekaligus secara bersamaan. Karena yang dibutuhkan dalam pertanyaan di atas adalah mencari subjek, maka jawaban (B), he, adalah jawaban terbaik. Sedangkan (A), (C), dan (D) bukan jawaban yang benar, karena ketiganya tidak bisa menjadi subjek.
RUMUS
JAWABAN CARA 2
Berikut ini rumus pembentukan preposisi.
( [Subject+Verb] + Prepositions +
Noun )
Tips dan Strategi:
Sebuah preposisi selalu diikuti kata benda (noun, pronoun, gerund), bukan kata kerja (verb).
Sebuah preposisi selalu diikuti kata benda (noun, pronoun, gerund), bukan kata kerja (verb).
3.
Hati-hati terhadap Appositive
Peserta tes TOEFL dapat terjebak oleh pertanyaan kalimat "appositive" dalam Structure and
Written Expression TOEFL Test. Pasalnya, kita bisa saja keliru
menentukan subjek dalam kalimat appositive. Appositive merupakan kata benda
(noun) yang datang sebelum atau sesudah kata benda lain, namun
memiliki keterikatan sebagai status yang sama. Cara menjawab soal TOEFL
structure jenis ini, perhatikan kalimat berikut.
Sally, the best student in the
class, got an A on the exam.
(Sally, siswa terbaik di kelas, mendapat nilai A pada ujian)
(Sally, siswa terbaik di kelas, mendapat nilai A pada ujian)
Dalam kalimat di atas, Sally sebagai subjek. Sedangkan, the best student
in the class adalah sebagai frase appositive. Sebab, student adalah kata benda
(noun) dan dipisahkan oleh tanda koma. Kalimat di atas menunjukkan bahwa Sally
dan the best student in the class adalah orang yang sama (Sally = student). Jika
kita membuang kalimat appositivenya, akan jadi "Sally got an A on the
exam" (Sally mendapat nilai A dalam ujian).
Perhatikan contoh berikut ini, bagaimana sebuah appositive dapat
membingungkan dalam menentukan subjek pada pertanyaan Structure pada tes TOEFL.
Contoh
1:
_________, George, is attending the lecture.
(A) Right now
(B) Happily
(C) Because of the time
(D) My friend
_________, George, is attending the lecture.
(A) Right now
(B) Happily
(C) Because of the time
(D) My friend
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas, Anda harus mengenali dari koma bahwa George bukan subjek kalimat. George adalah appositive. Karena kalimat ini masih perlu subjek. Maka, jawabannya yang tepat adalah (D), My friend. Sedangkan, Jawaban (A), (B), dan (C) tidak benar karena ketiganya tidak dapat menjadi subjek.
Dalam contoh di atas, Anda harus mengenali dari koma bahwa George bukan subjek kalimat. George adalah appositive. Karena kalimat ini masih perlu subjek. Maka, jawabannya yang tepat adalah (D), My friend. Sedangkan, Jawaban (A), (B), dan (C) tidak benar karena ketiganya tidak dapat menjadi subjek.
Perhatikan contoh berikutnya, yang menunjukkan bahwa appositive tidak
selalu datang setelah subjek; sebuah appositive juga bisa datang pada awal
kalimat.
Contoh
2:
__________ , Sarah rarely misses her basketball shots.
(A) An excellent basketball player
(B) An excellent basketball player is
(C) Sarah is an excellent basketball player
(D) Her excellent basketball play
__________ , Sarah rarely misses her basketball shots.
(A) An excellent basketball player
(B) An excellent basketball player is
(C) Sarah is an excellent basketball player
(D) Her excellent basketball play
Pembahasan
Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, menunjukkan bahwa Sarah adalah subjek, dan misses adalah kata kerja karena tidak dipisahkan oleh koma. Untuk menentukan jawabannya, Anda harus mencari dan menempatkan appositive untuk Sarah. Maka, An excellent basketball player (Sarah adalah pemain basket yang ulung) sebagai jawaban yang tepat (A). Sedangkan, (B) dan (C) tidak benar, karena keduanya berisi kata kerja (to be) is. Padahal, appositive tidak membutuhkan kata kerja. Sementara, (D) berisi kata benda, play, yang mungkin bisa menjadi appositive, tapi play menunjukkan status dari Sarah, jadi jawaban ini tidak benar.
Dalam contoh ini, menunjukkan bahwa Sarah adalah subjek, dan misses adalah kata kerja karena tidak dipisahkan oleh koma. Untuk menentukan jawabannya, Anda harus mencari dan menempatkan appositive untuk Sarah. Maka, An excellent basketball player (Sarah adalah pemain basket yang ulung) sebagai jawaban yang tepat (A). Sedangkan, (B) dan (C) tidak benar, karena keduanya berisi kata kerja (to be) is. Padahal, appositive tidak membutuhkan kata kerja. Sementara, (D) berisi kata benda, play, yang mungkin bisa menjadi appositive, tapi play menunjukkan status dari Sarah, jadi jawaban ini tidak benar.
RUMUS JAWABAN CARA 3
Perhatikan bagan berikut sebagai rumus pembentukan appositive:
4.
Hati-hati terhadap Present
Participle
Present
participle adalah bentuk -ing dari kata kerja (seperti:
playing, talking). Dalam pertanyaan Structure pada tes TOEFL, present
participle dapat membingungkan Anda. Sebab, bisa saja berupa bagian dari kata kerja
(verb)atau kata sifat
(adjective). Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini,
perhatikan dua hal berikut.
A. Kata
Kerja (Verb)
Ia dapat menjadi kata kerja ketika didahului oleh verb be/to be.
The man is talking to his friend.
verb
(Pria itu sedang berbicara dengan temannya)
Ia dapat menjadi kata kerja ketika didahului oleh verb be/to be.
The man is talking to his friend.
verb
(Pria itu sedang berbicara dengan temannya)
Dalam kalimat ini talking adalah bagian dari kata kerja
karena disertai dengan is.
B. Kata
Sifat (Adjective)
Present participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai dengan beberapa bentuk kata kerja be/to be.
The woman working as an english teacher is very beautiful
Adjective
(Wanita yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris tersebut sangat cantik.)
Present participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai dengan beberapa bentuk kata kerja be/to be.
The woman working as an english teacher is very beautiful
Adjective
(Wanita yang bekerja sebagai guru bahasa Inggris tersebut sangat cantik.)
Dalam kalimat di atas, working adalah kata sifat dan
bukan bagian dari kata kerja, karena tidak disertai dengan bentuk be/to be.
Perhatikan contoh berikut ini, bagaimana present participle ini dapat
membingungkan peserta dalam pertanyaan Structure pada tes TOEFL®.
The child_________ playing in the yard is my son.
(A) now
(B) is
(C) he
(D) was
(A) now
(B) is
(C) he
(D) was
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh ini, jika Anda melihat selintas dari awal kalimat, tampak bahwa child adalah subjek dan playing merupakan kata kerja. Jika Anda berpikir bahwa playing merupakan bagian dari kata kerja, Anda kemungkinan memilih jawaban (B), is, atau jawaban (D), was, untuk menyempurnakan kata kerja. Padahal, kedua jawaban tersebut tidak benar, karena playing bukan bagian dari kata kerja. Anda harus menyadari bahwa playing adalah participle adjective, karena ada verb lain dalam kalimat ini, yaitu is. Maka, dalam kalimat ini, sudah ada subjek (child) dan kata kerja (is), jadi kalimat ini tidak membutuhkan subjek atau kata kerja lainnya. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (A).
Dalam contoh ini, jika Anda melihat selintas dari awal kalimat, tampak bahwa child adalah subjek dan playing merupakan kata kerja. Jika Anda berpikir bahwa playing merupakan bagian dari kata kerja, Anda kemungkinan memilih jawaban (B), is, atau jawaban (D), was, untuk menyempurnakan kata kerja. Padahal, kedua jawaban tersebut tidak benar, karena playing bukan bagian dari kata kerja. Anda harus menyadari bahwa playing adalah participle adjective, karena ada verb lain dalam kalimat ini, yaitu is. Maka, dalam kalimat ini, sudah ada subjek (child) dan kata kerja (is), jadi kalimat ini tidak membutuhkan subjek atau kata kerja lainnya. Karenanya, jawaban yang tepat ialah (A).
RUMUS JAWABAN CARA 4
PRESENT
PARTICIPLE
Present participle adalah bentuk -ing dari verb. Present participle dapat
menjadi (1) bagian dari kata kerja atau (2) adjective. Ia dapat menjadi kata
kerja ketika didahului oleh verb be/to be. Ia dapat menjadi kata sifat
(adjective) apabila tidak disertai dengan bentuk kata kerja be/to be.
1.
Verb : The
boy is standing in the corner. (Anak laki-laki itu sedang berdiri di sudut)
2. Adjective : The boy standing in the corner was naughty. (Anak laki-laki yang berdiri di sudut itu nakal)
2. Adjective : The boy standing in the corner was naughty. (Anak laki-laki yang berdiri di sudut itu nakal)
5.
Hati-hati
terhadap Past Participle
Past
participle dapat menyebabkan kebingungan dalam struktur
pertanyaan pada tes TOEFL karena past participle dapat berupa kata sifat atau
bagian dari kata kerja. Past participle adalah bentuk kata kerja
(verb) yang muncul/didahului be (am, is, are, was, were) dan
have (have, has, had). Biasanya, pembentukannya diakhiri -ed (offered, listed,
suspected, etc.) , tetapi ada juga banyak past participle tak beraturan dalam
bahasa Inggris (lihat daftarnya dalam Appendix software Genius TOEFL).
Cara menjawab soal TOEFL structure jenis ini, perhatikan dua point berikut.
A. Verb
The family has purchased a television. (Keluarga itu telah membeli sebuah televisi)
The poem was written by Paul. (Puisi itu telah ditulis oleh Paul)
The family has purchased a television. (Keluarga itu telah membeli sebuah televisi)
The poem was written by Paul. (Puisi itu telah ditulis oleh Paul)
Pada kalimat pertama bentuk past participle "purchased"
merupakan bagian dari kata kerja karena di dahului oleh have (has).
Sementara yang kedua, past participle "written" juga merupakan bagian
dari kata kerja karena di dahului oleh be (was).
B.
Adjective
Past participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai/didahului bentuk be atau have.
Past participle dapat menjadi kata sifat apabila tidak disertai/didahului bentuk be atau have.
The television purchased yesterday was expensive. (Televisi yang
dibeli kemarin mahal)
The poem written by Paul appeared in the magazine. (Puisi yang ditulis oleh Paul mucul di majalah)
The poem written by Paul appeared in the magazine. (Puisi yang ditulis oleh Paul mucul di majalah)
Dalam kalimat pertama, purchased adalah adjective, bukan verb, karena
tidak disertai bentuk be atau have (dan ada sebuah verb, "was", dalam
kalimat berikutnya). Dalam kalimat kedua, written adalah adjective, bukan verb,
karena tidak disertai bentuk be atau have (dan ada sebuah kata kerja,
"appeared", dalam kalimat berikutnya).
Perhatikan contoh berikut ini, bagaimana past participle dapat
membingungkan peserta dalam pertanyaan Structure pada tes TOEFL.
The bread _________ baked this morning smelled delicious.
(A) has
(B) was
(C) it
(D) just
The bread _________ baked this morning smelled delicious.
(A) has
(B) was
(C) it
(D) just
Pembahasan Soal dan Jawaban
Dalam contoh di atas, jika melihat beberapa kata pertama dari kalimat, tampak bahwa bread adalah subyek dan baked sebagai kata kerja lengkap atau past participle yang membutuhkan kata kerja pembantu. Padahal, jika dilihat lagi dalam kalimat, Anda akan melihat kata kerja smelled. Anda kemudian akan menyadari bahwa baked adalah kata sifat participial (adjective participial), sehingga ia bukanlah bagian dari kata kerja. Karenanya, jawaban (A) dan (B) tidak benar, sebab baked adalah kata sifat dan tidak membutuhkan kata kerja pembantu seperti has atau was. Jawaban (C) tidak benar karena tidak membutuhkan untuk subjek it. Jawaban (D) adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. The bread just baked this morning smelled delicious. (Roti yang dibakar pagi ini tercium nikmat).
Dalam contoh di atas, jika melihat beberapa kata pertama dari kalimat, tampak bahwa bread adalah subyek dan baked sebagai kata kerja lengkap atau past participle yang membutuhkan kata kerja pembantu. Padahal, jika dilihat lagi dalam kalimat, Anda akan melihat kata kerja smelled. Anda kemudian akan menyadari bahwa baked adalah kata sifat participial (adjective participial), sehingga ia bukanlah bagian dari kata kerja. Karenanya, jawaban (A) dan (B) tidak benar, sebab baked adalah kata sifat dan tidak membutuhkan kata kerja pembantu seperti has atau was. Jawaban (C) tidak benar karena tidak membutuhkan untuk subjek it. Jawaban (D) adalah jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. The bread just baked this morning smelled delicious. (Roti yang dibakar pagi ini tercium nikmat).
RUMUS JAWABAN CARA 5
PAST
PARTICIPLE
Past Participle sering
berakhiran -ed, tapi perlu diketahui bahwa banyak bentuk past participle
yang tidak beraturan (irregular). Banyak kata kerja termasuk yang
berkhiran -ed dapat membingungkan, apakah verb itu simple past atau past
participle. Kata kerja berakhiran -ed bisa saja merupakan (1) simple past, (2)
past participle, dan (3) adjective.
1. She painted this picture. (Dia telah melukis gambar
ini)
2. She has painted this picture. (Dia telah melukis gambar ini)
3. The picture painted by Karen is now in a museum. (Gambar yang dilukis oleh Karen sekarang ada di musium)
2. She has painted this picture. (Dia telah melukis gambar ini)
3. The picture painted by Karen is now in a museum. (Gambar yang dilukis oleh Karen sekarang ada di musium)
Selain 5 tips lain ada beberapa hal lain yang dapat
diperhatikan yaitu :
6.
Gunakan Kata Penghubung (Coordinate Connector) dengan
Benar
7.
Gunakan Kata Penghubung Keterangan Waktu dan Penyebab
(Time and Cause Connector) dengan Benar
8.
Gunakan Adverb Connector Lainnya dengan Benar
9.
Gunakan Kata
Penghubung Klausa Kata Benda dengan Benar (Noun Clause Connector)
10. Gunakan
Kata Penghubung Noun Clause yang Berfungsi Sekaligus Sebagai Subjek (Noun
Clause Connector/Subject) Secara Tepat
Itulah beberapa strategi untuk mengikuti soal TOEFL
struktur. Terimakasih atas kunjungannya
Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar