Belajar Dari
Petromax Kuning Hingga E-Learning
Pendahuluan
A. Latar
Belakang
Budaya
adalah jati diri kita. Tanpa budaya kita tidak dapat mengenal diri kita
sendiri. Budaya merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari seorang
individu. Budaya bukan hanya seni, kerajinan, peninggalan bersejarah. Budaya
itu merupakan cara hidup dari suatu individu terhadap dirinya, orang lain, dan
lingkungannya.
Tidak
bisa dipungkiri bahwa teknologi adalah segalanya saat ini. Teknologi sudah
masuk kedalam segala aspek kehidupan. Mulai dari ekonomi, politik, seni,
pendidikan dan kebudayaan. Kemajuan teknologi tak dapat kita hindari, karena
kemajuan teknologi akan terus berjalan sesuai dengan berkembangnya ilmu
pengetahuan.
Budaya
dan Teknologi saat ini adalah merupkan dua hal yang saling terikat. Banyak budaya yang sudah dimasuki
oleh teknologi. Contohnya budaya belajar dan mencari tahu , kita dapat tahu
segala budaya didunia melalui teknologi internet. Begitu pula sebaliknya
Teknologi tidak akan hadir tanpa adanya budaya, dalam hal ini budaya cara hidup
manusia yang selalu ingin suatu hal yang baru.
B. Rumusan
masalah
Adapun rumusan masalah dari makalah ini sebagai berikut:
Adapun rumusan masalah dari makalah ini sebagai berikut:
1 . Apakah
definisi budaya ?
2 . Apakah
definisi belajar ?
3 . Apakah
definisi teknologi ?
4 . Bagaimanakah
hubungan budaya belajar dan teknologi ?
5 . Apa
saja dampak teknologi dalam budaya belajar ?
C. Tujuan
Adapun tujuan ditulisnya makalah ini sebagai berikut :
Adapun tujuan ditulisnya makalah ini sebagai berikut :
1 . Sebagai
tugas pengambilan nilai softskill mata kuliah Ilmu Budaya dasar.
2 . Sebagai
penambah wawasan penulis dan pembaca
3 . Untuk
menjelaskan hubungan antara budaya dan teknologi.
4 . Untuk
mengetahui dampak positif dan negatif belajar menggunakan teknologi.
Bab II
Pembahasan
A. Definisi
budaya
Secara Umum,
Pengertian Kebudayaan adalah
hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebuyuhan hidupnya
yang kompleks dengan mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat
dan setipa kecakapan, dan kebiasaan.
Pengertian budaya
menurut para ahli :
Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli dalam Negeri (Indonesia)
Koentjaraningrat: Menurut Koentjaraningrat, bahwa
pengertian kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil
karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri
manusia dengn belajar.
Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi: Kebudayaan berarti semua hasil karya, rasa, dan cipta
masyarakat.
Drs. Mohammad Hatta: Menurutnya pengertian kebudayaan
adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.
R. Seokmono: Pengertian kebudayaan menurut R.
Soekmono adalah segala hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya
berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.
Pengertian Kebudayaan Menurut Para
Ahli Luar Negeri
Bounded et. Al: Menurutnya, pengertian kebudayaan
adalah hal-hal yang berbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan
manusia melalui simbol-simbol tertentu.
Sir Edwards B Tylor: Pengertian kebudayaan menurut Sir
Edwards B. Tylor bahwa kebudayaan adalah keseluruhan kompleks dari ide da
segala sesuatu yang dihasilkan mausia kesamaan pengalaman historis.
Pengertian budaya menurut saya
pribadi
Budaya adalah suatu cara hidup dari
suatu individu terhadap lingkungannya sehingga menimbulkan suatu hal yang akan
selalu diingat dan diterapkan selama hidupnya dan diturunkan pada keturunannya.
B. Definisi
Bealajar
Belajar adalah
perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai
hasil dari pengalaman atau praktek yang diperkuat. Belajar merupakan hasil dari
interaksi antara stimulus dan respon.
Definisi belajar
menurut para ahli:
James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri , Psikologi Belajar;
Rineka Cipta; 1999)
Belajar adalah suatu proses dimana
perilaku yang dihasilkan atau dimodifikasi melalui pelatihan atau pengalaman.
Winkel
Belajar adalah aktivitas mental atau
psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang
menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai dan
sikap.
Ngalim Purwanto (1992)
Belajar adalah perubahan yang relatif
permanen dalam perilaku yang terjadi sebagai hasil dari pelatihan atau
pengalaman.
KBBI
Belajar ialah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu.
Dimyati & Mudjiono (2006)
Belajar ialah suatu proses internal yang
kompleks. Yang terlibat dalam proses internal tersebut diantaranya meliputi
unsur afektif (berkaitan dengan sikap, nilai-nilai, ketertarikan, apresiasi,
dan penyesuaian perasaan sosial).
Menurut saya pribadi Belajar adalah proses
mencari tahu suatu hal baru yang belum di ketahui sebelumnya dan mengingat
kembali apa yang sudah kita ketahui agar selalu teringat di otak kita.
C. Definisi Teknologi
Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne"
yang berarti serangkaian metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan sebuah
objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang metode dan seni.
Secara
umum, teknologi dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak
benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk
mencapai suatu nilai.
Definisi teknologi menurut para ahli :
Naisbit (2002)
Teknologi adalah obyek serta benda-benda, serta
bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia biasa.
Miarso (2007)
Teknologi adalah suatu bentuk proses yang
meningkatkan nilai tambah.
Ursula Franklin (1989)
Teknologi
sebagai cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia
membuat hal-hal di suatu tempat di sini.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Teknologi adalah metode ilmiah yang
digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu pengetahuan
ilmu terapan.
Menurut saya pribadi teknologi adalah
suatu hal yang dapat diciptakan manusia untuk membantu manusia dalam segala
aspek kehidupan dan akan selalu hidup berdampingan dengan manusia dan tidak
akan ada henti-hentinya untuk berkembang.
D.
Hubungan antara budaya belajar dengan
teknologi
Seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Belajar dan teknologi adalah dua hal yang saling berkaitan.Belajar bukan hanya
mencoba memahami pelajaran yang diberikan di sekolah. Bersahabat dengan alam
juga termasuk belajar. Apapun yang dimaksudkan untuk menmbah pengetahuan dan
wawasan disebut belajar. Para ahli teknologi yang ada di dunia sekarang ini
adalah manusia manusia yang diawali dengan belajar. Karena dengan belajar kita
dapat mengetahui semua yang belum kita ketahui. Begitu juga sebaliknya teknologi
sudah sangat membantu dalam pendidikan. Dewasa ini sudah banyak alat dari
teknologi yang sangat membantu pendidikan yang sering disebut oleh e-learning.
Dari gadget itu sendiri maupun jaringannya. Sekarang segala informasi tentang
dunia pendidikan maupun materi dari suatu pelajaran dapat ditemukan di dalam
gadget menggunakan jaringan internet. Karena hal hal tersebut lah pendidikan
dan teknologi sangat berkaitan.
Perbedaan cara belajar antara zaman dahulu dengan zaman sekarang.
Perbedaan cara belajar antara zaman dahulu dengan zaman sekarang.
Pada zaman dahulu belajar hanya
menggunakan lisan dan saling ingat, kemudian mulai muncul cara belajar dengan
menggunakan alat tulis menulis. Zaman dahulu sangat sulit untuk belajar. Mulai
dari media belajar, pengajar, dan juga tempat untuk belajar. Sekarang sudah
sangat mudah untuk belajar. Bahkan dengan dibantu oleh teknologi belajar sangat
mudah dilakukan bahkan dapat dilakukan dimanapun, kapanpun, dan oleh siapapun.
Contohnya sudah dilakukan oleh UNIVERSITAS GUNADARMA . Universitas Gunadarma
sangat maju dalam hal teknologi. Sudah banyak jalur akses internet seperti
UGNET, AIRONET, dan UGHotZone. Universitas Gunadarma sudah lama melaksanakan e-learning.
Banyak sekali inovasi e-learning yang sudah dilakukan Universitas
Gunadarma seperti Integrated Laboratory,
Lepkom, Virtual Class, Student Site, Library Online Dan masih banyak lagi.
E.
Dampak Positif dan Dampak Negatif dari
Masuknya Teknolgi Kedalam Dunia Pendidikan.
Dampak positif dari Teknologi terhadap pendidikan
1.
Penigkatan pembelajaran
Perkembangan teknologi seperti kamera
digital, proyektor , perangkat lunak, , komputer, presentasi Powerpoint, alat
visualisasi 3D, semua ini telah menjadi sumber daya besar bagi guru untuk
membantu siswa untuk memahami konsep dengan mudah.
2.
Peningkatan pengetahuan
Dengan mengacu pada sejumlah besar
sumber daya , siswa dapat menggunakan keterampilan penilaian untuk memilih
materi materi yang ingin di ketehaui lebih lanjut.
3.
Tidak ada Jarak
Dengan dipekenalkannya program online
hampir tidak ada kebutuhan secara fisik di dalam kelas. Bahkan di luar negri
sebagian Universitas sudah memulai program kuliah secara online.
Dampak negative dari teknologi terhadap
dunia pendidikan
1.
Malas
Teknologi membuat siswa kurang
produktif dan malas. Karena mudahnya untuk mendapat informasi membuat siswa
menjadi sangat terburu buru dan malas untuk hadir ke kelas. Mereka hanya
melakukan COPAS atau Copy Paste informasi untuk melakukan tugas cepat.
2.
Curang
Perkembangan teknologi seperti
kalkulator grafik, jam tangan berteknologi tinggi, kamera mini, hand phone, dan
peralatan canggih lainnya. Hal hal tersebut lah yang membuat mereka menjadi
lebih mudah untuk curang dalam melaksanakan ujian.
3.
Kurang fokus
Siswa terlihat lebih banyak
menghabiskan waktunya untuk bermain gadget canggih dari pada memegang buku
pelajarannya. Selalu terhubung dengan dunia online telah mengakibatkan
kurangnya fokus dan konsentrasi di bidang akademik.
4.
Ketrampilan Menulis Menurun
Munculnya era computer menyebabkan
siswa menjadi malas untuk meunlis. Sehingga daya tanggap dan kreatifitas dari
siswa sangatlah buruk. Siswa jadi sulit mengekspresikan hal yang ada didalam
pikiran mereka kedalam bentuk tulisan .
Bab III
Penutup
Kesimpulan
Kesimpulan dari makalah ini adalah bahwa budaya dan teknologi saat
ini sangatlah berkaitan. Karena budaya merupakan cara hidup, sedangkan cara
hidup saat ini tidak lepas dari yang namanya teknologi yang canggih. Semua hal
saat ini hampir semuanya dapat dilakukan oleh teknologi tersebut. Termasuk cara
belajar, dulu orang tua kita hanya belajar menggunakan lampu petromax hingga
saat ini kita merasakan zaman dimana belajar dapat dilakukan dimana saja dan
kapan saja dengan teknologi e-learning. Budaya baru ini lah yang kita rasakan.
Dampak positif dari hal ini sangatlah banyak dan membantu. Diantaranya adalah
Penigkatan pembelajaran dengan tambahan teknologi atau media pembelajaran yang
membantu siswa memahami konsep pembelajaran, Peningkatan pengetahuan dengan
kemudahan akses dari informasi,Tidak ada jarak lagi untuk dapat menerima
pendidikan dan lain sebagainya. Tetapi semua hal baik tersebut tidak dapat
dilepaskan dari dampak negatifnya. Teknologi dapat membuat individu menjadi
malas dalam belajar, curang dalam ujian, kurang fokus dalam menjalani
pelajaran, dan mengurangi keterampilan dalam menulis.
Saran
Saran dari saya. Secanggih apapun
teknologi buatan manusia. Tidak akan mampu menggantikan kemampuan special untuk
berfikir dan belajar dari Tuhan Yang Maha Esa. Jadi, Walaupun kita mempunyai
Gadget yang canggih. Gunakanlah gadget itu untuk membantu belajar anda. Bukan
untuk menjadi penghalang anda menggapai masa depan yang anda inginkan. Semoga
yang membaca dan dapat memahami makalah ini dapat mengamalkan dan menerapkan
apa yang sudah dipahami untuk membangun generasi bangsa yang baik dan beriman
serta tidak terpengaruh oleh budaya budaya yang negatif.
Terimakasih atas perhatian dan waktunya
membaca makalah ini. Semoga bermanfaat dalam kehidupan pembaca.
Daftar Pustaka
Referensi
Zuhal. 2008. Kekuatan Daya
Saing Indonesia Mempersiapkan Masyarakat Berbasis Pengetahuan. Jakatra : Buku
Kompas
Tilaar , H.A.R. 1998. Beberapa
Agenda Reformasi Pendidikan Nasional . Tera Indonesia : Magelang https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=U9axL2fRJwkC&oi=fnd&pg=PA21&dq=pendidikan+abad+ke+21&ots=NYeGLEWHn1&sig=3P58i4hK51wh06TtzkzLKY3kLqU&redir_esc=y#v=onepage&q=pendidikan%20abad%20ke%2021&f=false
Mangunwijaya, Y.B. TEKNOLOGI DAN
DAMPAK KEBUDAYAANNYA. Buku Obor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar