Sabtu, 16 Desember 2017

Tugas 3 Softskill : Review Jurnal Penerapan Sistem Pakar

APLIKASI SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDETEKSI KERUSAKAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER DENGAN METODE BACKWARD CHAINING


Latar Belakang


Saat ini, komputer merupakan perangkat yang sangat membantu pekerjaan manusia. Hampir semua bidang memanfaatkan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan manusia. Sejalan dengan itu, diperlukan pengetahuan komputer yang cukup baik untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan komputer karena permasalahan kerusakan komputer merupakan masalah yang cukup kompleks. Ini dapat dimaklumi karena banyaknya user yang kurang memiliki pengetahuan dalam komputer, khususnya dalam menangani kerusakan komputer. Permaslahan kerusakan komputer secara garis besar dapat dibedakan dalam dua kategori yaitu kerusakan perangkat keras (hardware) dan kerusakan pada perangkat lunak (software). Banyak sekali user yang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk memperbaiki kerusakan komputer, padahal kerusakan komputer yang terjadi belum tentu rumit dan belum tentu tidak dapat diperbaiki sendiri. Oleh karena itu, perlu dibuat aplikasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan kerusakan komputer. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi sistem pakar yang berfungsi sebagai pengganti organisasi/seseorang yang ahli dalam bidangnya. Sistem pakar timbul karena adanya permasalahan pada suatu bidang khusus yang spesifik dimana user menginginkan suatu solusi dari permasalahan tersebut diselesaikan dengan mendekati cara-cara pakar dalam menyelesaikan masalah.

Tujuan


Merancang dan membangun aplikasi yang dapat membantu pemakai komputetr untuk mengatasi masalah atau kerusakan pada perangkat keras komputer, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya perbaikan.


Metode


Untuk pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Teknik wawancara  yaitu merupakan metode pengumpulan data dengan jalan tanya jawab sepihak yang dikerjakan dengan sistematis dan berdasarkan kepada tujuan penelitian kepada kelompok yang membutuhkan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan

Untuk pengembangan perangkat lunak digunakan metode waterfall yaitu sebuah model pengembangan perangkat lunak yang dilakukan secara sekuensial, dimana satu tahap dilakukan setelah tahap sebelumnya diselesaikan. Urutan dari tahap ini adalah analysis, desain, coding, testing dan implementation.


Untuk proses sistem pakar menggunakan teknik backward . Teknik Backward adalah teknik untuk mendeteksi kesalahan pada komputer setelah komputer dinyalakan (dialiri listrik). Teknik lebih banyak digunakan karena pada umumnya permasalahan dalam komputer baru akan timbul setelah “jam terbang” komputernya sudah banyak dan ini sudah merupakan hal yang wajar, sebagai contoh: (1) Floppy Disk yang tidak dapat membaca disket dengan baik. (2) Komputer tidak mau menyala saat tombol power pada casing dinyalakan.

Pembahasan


Dimulai dari perancangannya, sistem pakar ini di rancang bedasarkan basis pengetahuan yang meliputi data kesimpulan terhadap masalah – masalah yang sering dijumpai pada kerusakan perangkat komputer.



Dilihat dari konteks diagramnya, pengguna memberikan data keluhan / masalah yang terjadi pada komputernya ke aplikasi. Aplikasi melakukan analisa berdasarkan data-data yang diperoleh dari pengguna. Hasil analisa akan menentukan daftar masalah dan solusi yang sesuai untuk komputer pengguna tersebut. Data solusi diberikan kepada pengguna. Admin melakukan pengelolaan terhadap aplikasi. Admin mendapatkan informasi dari pengelolaan dalam aplikasi.

Lalu lanjut ke implementasinya sistem pakar ini memiliki dua tampilan awal yaitu untuk user dan admin.


Untuk admin dapat melihat daftar masalah dan gejala serta aturan memnetukan masalah.



Sedangkan untuk user dapat langsung berkonsultasi masalah komputernya yang akan langsung di eksekusi dan keliatan solusi dari masalahnya.




Kelebihan dari sistem pakar ini adalah sangat membantu pengguna supaya dapat mengerti permasalahan komputer sehingga dapat melakukan pertolongan pertama sendiri tanpa perlu ke tukang service komputer. Dapat menghemat biaya karna dapat mengetahui apa masalah dari komputer yang di konsultasikan pengguna. Membantu orang awam mengetahui masalah komputer jika hanya ingin sekedar mencari pengetahuan.

Saran


  • Kedepannya tidak hanya berbasis web tapi dikembangkan ke aplikasi berbasis smartphone sehingga lebih kompatibel dan nyaman digunakan.
  • Memperbanyak daftar masalah agar solusi yang diberikan lebih akurat.
  • Masalah tidak hanya perangkat keras tetapi bisa ke perangkat lunak dan lain lain sehingga lebih lengkap.


Kesimpulan


Sistem pakar ini berisikan kumpulan masalah-masalah dari perangkat keras komputer dan memberikan solusinya kepada pengguna yang sudah memberikan keluhan masalah perangkat keras komputer mereka. Sistem pakar ini berjalan dengan metode backward chaining. Sistem pakar ini sangat membantu orang awam dalam mengatasi masalah-masalah pada perangkat keras komputer sehingga dapat memberikan perbaikan sendiri. 


Daftar pustaka


Fatsyahrina Fitriastuti, Luluk Sri Ekowati. 2009. APLIKASI SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK MENDETEKSI KERUSAKAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER DENGAN METODE BACKWARD CHAINING. ISSN 1441-1152


Muhammad Luthfi Tamami
14115696
3KA04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar