Kamis, 04 Juli 2019

Penulisan 1 - Review Aplikasi Android : Dream House




Selamat datang kembali semuanya ke blog sederhana saya ini semoga keadaannya baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang review sebuah aplikasi android yaitu Dream House. Dream House ini adalah aplikasi yang saya buat dalam tugas penelitian ilmiah saya saat kuliah semester 6 lalu. Alasan saya membuat aplikasi ini karena saya dari kecil sudah sangat tertarik dalam dunia arsitektur salah satunya adalah membuat denah rumah. Sehingga untuk memanfaatkan kemampuan dalam teknologi saya ditambah passion saya dalam desain rumah terbentuk lah aplikasi ini.


Aplikasi Dream House ini merupakan aplikasi augmented reality pengenalan tipe tipe rumah yang berbasis pada platform android. Aplikasi ini menjelaskan tipe-tipe rumah yang sudah ditentukan sebelumnya berdasarkan luas bangunannya. Mulai dari keterangan jumlah ruangan, keterangan ruang, kesesuaian untuk keluarga seperti apa rumah tersebut, hingga bentuk 3D dari rumah tersebut dalam bentuk augmented reality.

Aplikasi ini dibuat menggunakan 3 Software utama yaitu Unity, Photoshop dan Sweet Home 3D. Unity merupakan tempat saya membuat rancangan aplikasi ini dari susunan perhalaman, hingga peng-koding-an . Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa C#. Untuk desain User Interface, Logo, dan lain sebagainya saya menggunakan aplikasi Photoshop karena aplikasi ini sudah cukup mudah digunakan. Sedangkan aplikasi Sweet Home 3D adalah aplikasi tempat saya membuat desain 3D dari rumah rumah yang ada pada aplikasi Dream House. Cara pakai yang mudah dan Freeware adalah alasan saya menggunakan sweet home 3D.

Saat pertama kali membuka aplikasi nya yang ditampilkan adalah splashscreen unity dan dream house lalu loading screen. Setelah itu terdapat menu utama yang terdiri dari 2 tombol pilihan yaitu menu (tipe-tipe rumah) dan panduan. Saat memilih tombol menu akan ditampilkan menu tipe tipe rumah yang terdiri dari 4 tipe rumah, sedangkan jika memilih panduan akan dialihkan ke halaman panduan yang berisikan panduan dalam fungsi-fugsi tombol yang tersedia pada aplikasi dream house.



Untuk menu tipe-tipe rumah terdapat masing masing spesifikasi rumah di setiap tipe.

1. Tipe 24



Tipe rumah ini memiliki luas bangunan 24 m2 dan biasanya memiliki Luas tanah 36/48 m2. Rumah ini memiliki 1 Ruang Keluarga / Ruang Tamu, 1 Ruang Tidur, 1 Kamar Mandi dan Dapur. Rumah dengan tipe ini cocok untuk keluarga yang baru menikah dan belum memiliki anak atau mempunyai 1 anak kecil.

2. Tipe 39



Tipe rumah ini memiliki luas bangunan 39 m2 dan biasanya memiliki Luas tanah 60/72 m2. Rumah ini memiliki 1 Ruang Keluarga / Ruang Tamu, 1 Ruang Tidur, 1 Kamar Mandi , Ruang makan dan Dapur. Rumah dengan tipe ini cocok untuk keluarga yang memiliki 1 atau 2 anak.

3. Tipe 54


Tipe rumah ini memiliki luas bangunan 54 m2 dan biasanya memiliki Luas tanah 84/105 m2. Rumah ini memiliki 1 Ruang Keluarga / Ruang Tamu, 3 Ruang Tidur, 2 Kamar Mandi , Ruang makan dan Dapur. Rumah dengan tipe ini cocok untuk keluarga  yang memiliki 2 atau 3 anak.

4. Tipe 72




Tipe rumah ini memiliki luas bangunan 72 m2 dan biasanya memiliki Luas tanah 120/160 m2. Rumah ini memiliki 1 Ruang Keluarga, 1 Ruang Tamu, 3 Ruang Tidur, 2 Kamar Mandi , Ruang makan dan Dapur. Rumah dengan tipe ini cocok untuk keluarga  yang memiliki 2 atau 3 anak.

Itu merupakan review saya pada aplikasi dream house aplikasi ini masih belum tersebar luas dikarenakan memang bukan untuk umum melainkan hanya sebagai tugas penelitian ilmiah saya. Doakan saja saya dapat meng-upgrade aplikasi ini agar dapat bertambah baik dari segi fungsi , fitur, tampilan dan lain lain serta dapat disebarluaskan untuk bisa di coba. Saya harap informasi yang sudah saya bagikan dapat berguna atau menjadi inspirasi terhadap pembaca untuk menciptakan aplikasi sejenis ini dari tipe lain missal makanan , kendaraan, tempat wisata , hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya. Terimakasih atas waktu dan perhatiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar